Jakarta – Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Laksana Tri Handoko melakukan kunjungan kerja ke Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan (PMB) LIPI pada tanggal 26 Juli 2018, bertempat di ruang seminar lantai 6 Widya Graha LIPI. Tema utama kunjungan kerja ini adalah konsolidasi dan rapat kerja antara Kepala LIPI baru dengan civitas PMB LIPI. Dalam kegiatan tersebut Kepala LIPI didampingi Deputi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) LIPI, Dr. Tri Nuke Pudjiastuti, MA, dan Plt Kepala Biro Umum LIPI Prakoso Bhairawa Putera S.IP., M.A.

Dokumentasi: Ranny Rastati (PMB LIPI)

Dimoderatori oleh Deputi IPSK Dr. Tri Nuke Pudjiastuti, MA, acara dilanjutkan dengan pemaparan laporan kinerja dan pencapaiaan lembaga oleh Kepala PMB LIPI, Dr. Sri Sunarti Purwaningsih, MA. Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan kondisi LIPI saat ini dan rencana kedepan yang disampaikan Kepala LIPI. Dalam sesi diskusi, Kepala LIPI memaparkan bahwa LIPI merupakan lembaga riset negara yang dibiayai oleh anggaran APBN, namun anggaran riset tersebut lebih banyak dihabiskan untuk belanja pegawai. Oleh karena itu, para peneliti harus menjalin kerjasama dengan pihak luar untuk mendapatkan dana riset.

Dengan melakukan kerjasama dengan pihak luar, para peneliti dapat berkompetisi agar poposal risetnya dibiayai sehingga proposal riset pun menjadi lebih berkualitas. Lebih lanjut, peneliti harus memiliki integritas, menjujung kode etik, dan tidak terpengaruh dengan intervensi dari pemberi dana mengenai hasil riset yang dilakukan. Untuk menjadi lembaga riset yang kompetitif, peneliti harus memiliki kapasitas dan kompetensi yang memadai agar pihak luar tertarik melakukan kerjasama. (Hidayatullah Rabbani/ Editor Ranny Rastati)