Jakarta – Selasa, 15 Mei 2018, Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2KK LIPI) telah menyelenggarakan Seminar Doctoral Research dengan judul “Gendered roles in small scale fisheries and the importance of fish in food and nutrition security in coastal Flores, Indonesia”. Pembicara dalam seminar tersebut adalah Emily Gibson, mahasiswa doktoral dari Charles Darwin University, Australia dengan Dr. Dedi adhuri sebagai moderator.

Dalam seminar, Emily Gibson menyampaikan tentang kontribusi gender pada perikanan skala kecil untuk ketahanan pangan dan nutrisi di masyarakat pesisir di wilayah timur Indonesia, mengingat  sektor perikanan merupakan salah satu sumber utama bagi ketahanan pangan. Penelitian yang dilakukan di beberapa wilayah pesisir di Flores ini menggunakan pendekatan livelihood.

Dokumentasi: Muhammad Luthfi (PMB LIPI)

Temuan awal penelitian mendapati bahwa aktivitas perikanan skala kecil menyediakan mata pencaharian yang vital bagi masyarakat pesisir dan perempuan memiliki kontribusi yang penting dalam penyediaan pangan.  Namun, pada wilayah penelitian menunjukan bahwa akses terhadap makanan yang bernutrisi cenderung terbatas, dan ketahanan pangan serta nutrisi bersifat multidimensional. Untuk itu, diperlukan studi kontekstual terkait isu pangan yang ada di setiap wilayah.

Seminar yang bertempat di Ruang Seminar Lantai 6 Widya Graha ini dihadiri oleh Kepala PMB LIPI, Dr. Sri Sunarti Purwaningsih, MA dan para peneliti di lingkungan kedeputian Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan. Seminar diakhiri dengan foto bersama. (Annisa Meutia Ratri/ Editor Ranny Rastati)