Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PMB LIPI) pada Senin, 18 September 2017 menyelenggarakan loka karya penelitian bertema Research Workshop: Research Grants, Proposal and Publication Strategies. Pembicara adalah Profesor Philomena Leung dari Macquarie University, Australia.

Bertempat di Widya Graha LIPI lantai 9, kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh para peneliti PMB LIPI tapi juga oleh peneliti dari pusat penelitian lainnya seperti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI, Pusat Penelitian Sumber Daya Regional LIPI, Pusat Penelitian Politik LIPI, dan Populi Center. Seminar dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian (PDHP) PMB LIPI, Dr. Widjajanti M. Santoso, kemudian dilanjutkan dengan loka karya dari Profesor Leung.

Dalam presentasinya, Profesor Leung menyampaikan bahwa dalam sebuah penelitian penting adanya kerjasama antar peneliti untuk mencapai tujuan penelitian. Pemilihan topik penelitian dilakukan dengan melihat perkembangan sosial baik melalui media cetak maupun media sosial online. Selain itu, perlu mendefinisikan permasalahan penelitian, menetapkan pendekatan, metodologi, dan desain kerangka berpikir. Kita perlu memahami tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tersebut.

Suasana sharing knowledge dengan Profesor Philomena Leung (Dokumentasi: Ranny Rastati)

 

Lebih lanjut, sebelum mengirimkan artikel ke jurnal tertentu, peneliti perlu mengecek peringkat jurnal tersebut. Lihat juga judul artikel apa saja yang pernah ditulis oleh para pakar dan peneliti lainnya di jurnal itu.

Mewakili PMB LIPI, Dr. Widjajanti M. Santoso mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas sharing knowledge dari Professor Philomena Leung. Kami menantikan kerjasama lebih lanjut dengan Macquarie University Australia khususnya yang berkaitan dengan penelitian. (Luis Feneteruma/Editor: Ranny Rastati)