Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PMB LIPI) menyelenggarakan Public Lecture dengan tema: Collaborative, Research Grant and Networking Strategies and Pitfalls pada 5 Maret 2018 bertempat di ruang seminar lantai 6 Widya Graha LIPI. Pembicara adalah Prof. Dr. Shawkat Alam dari Macquarie University, Australia dan dimoderatori oleh Dr. Laely Nurhidayah, LLM dari PMB LIPI. Acara ini dihadiri oleh Kepala PMB LIPI, Dr. Sri Sunarti Purwaningsih, MA, para peneliti dan staf PMB LIPI.

Dokumentasi: Luis Feneteruma

Dalam presentasinya, Profesor Shawkat menyampaikan bagaimana cara untuk melakukan kolaborasi dengan dunia industri. Penelitian harus memiliki pengaruh dan kebermanfaatan yang signifikan. Seorang peneliti dituntut untuk tidak hanya berorientasi kepada publikasi riset melainkan juga projek penelitian. Dengan begitu, ada dua hal yang akan diperoleh yaitu output dan outcome. Para peneliti pun perlu berkolaborasi dengan para pemberi dana hibah agar dapat memulai projek penelitian yang dapat berkontribusi dalam rekomendasi kebijakan,

Lebih jauh, Profesor Shawkat menjelaskan beberapa strategi yang dapat dilakukan agar sukses dalam industry collaboration yaitu memantapkan posisi bahwa kita membutuhkan kolaborasi, memahami bahwa kolaborasi mengandung resiko-resiko tertentu, menemukan partner yang tepat, memaksimalkan hubungan yang telah ada sebelumnya, mengidentifikasi dan memberikan support serta mencari sponsor penelitian kita, memutus hubungan dengan partner yang tidak efektif, berkomunikasi secara efektif dengan partner baru menganai harapan dan tujuan yang ingin dicapai dan mengukur, dan memonitor serta mengkomunikasikan kesuksesan.

Dokumentasi: Luis Feneteruma

Mewakili peserta public lecture, Kepala PMB LIPI, Dr. Sri Sunarti Purwaningsih MA, memberikan apresiasi atas share knowledge yang diberikan oleh Profesor Shawkat untuk civitas PMB LIPI. Acara diakhiri dengan foto bersama. (Rusydan Fathy/ Editor Ranny Rastati)