Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan (PMB) LIPI menyelenggarakan Seminar Riset Design untuk tahun anggaran 2018. Dalam seminar riset design, seluruh tim penelitian di PMB LIPI mempresentasikan rencana penelitiannya sebelum melakukan penelitian lapangan. Proposal kemudian dibahas oleh para ahli di masing-masing bidang yang berasal dari kementeriaan, lembaga penelitian, atau universitas.

Kiri-Kanan: Kepala PMB LIPI dan Deputi IPSK LIPI memberikan sambutan (Dok: Ranny Rastati)

Setelah Kepala P2KK LIPI, Dr. Sri Sunarti Purwaningsih, MA, memberikan sambutan, seminar ini secara resmi dibuka oleh Deputi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) LIPI yaitu Dr. Tri Nuke Pudjiastuti, MA. Menurut Deputi IPSK LIPI, Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI adalah gawang pertama dalam ilmu sosial dan kemanusian. Membangun infrastruktur harus dibarengi dengan membangun infrastruktur sosial budaya. Penelitian yang dilakukan merupakan kekuatan ilmu sosial untuk menjawab persoalan bangsa.

Seminar yang berlangsung pada tanggal 20-22 Februari 2018 ini diikuti oleh 12 tim penelitian yaitu Tim Media Baru, Tim Bahasa, Tim Kebudayaan, Tim STS, Tim Syariat Islam, Tim Pluralitas dan Minoritas, Tim Agama Pribumi, Tim Partisipasi Warga, Tim EKOSOB, Tim Perkotaan, Tim Maritim, dan Tim Hutan. (Ranny Rastati)