EMPAT DEKADE KIPRAH LIPI DI TANAH PAPUA

LIPI telah bekerja dan melakukan penelitian terkait Papua lebih dari 40 tahun dengan melibatkan sekitar 200 peneliti yang berdedikasi dan komitmen dengan Papua. Awal perhatian LIPI tercermin dari karya pertama tentang Papua yang dilahirkan LIPI adalah buku “Keseragaman dan Aneka Warna Masjarakat Irian Barat”, yang ditulis oleh Koentjaraningkat yang saat itu merupakan Deputi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI. Kerja dan penelitian yang sangat lama dan terbentang dalam berbagai Kedeputian di lingkungan LIPI telah menunjukkan beberapa milestones yang mempunyai dampak bukan hanya untuk kepentingan pengenbangan ilmu tetapi lebih utama untuk kepentingan sciences based policy yang berdampak bagi kepentingan Papua dan masyarakat Papua dan nasional.
Website Papua LIPI berisi karya-karya akademik tentang Papua. Isunya bervariasi dari persoalan bahasa, lingkungan, maritim, adat, botani, hingga isu politik dan konflik separatisme. Topik lainnya yang paling banyak dikaji adalah pembangunan di Tanah Papua. Sebagai contoh, kajian pembangunan infrastruktur, persoalan pendidikan dan kesehatan dasar, pembangunan pulau-pulau terluar, dan Otonomi Khusus.
Peluncurkan website dan pangkalan data Papua LIPI diharapkan juga menjadi penanda baru bagi paradigma di LIPI dalam melihat Papua yang tidak hanya menekankan politik keamanan, tetapi juga pada aspek sosial budaya dan ekonomi. Dengan cara ini, maka kontribusi LIPI diharapkan menjadi sesuai yang langgeng dan bermanfaat bagi keilmuan, kebangsaan, dan kemanusiaan.

Date

Mei 03 2021
Expired!

Time

9:00 am - 1:00 pm

Local Time

  • Timezone: America/New_York
  • Date: Mei 02 - 03 2021
  • Time: 10:00 pm - 2:00 am
Category