HERITAGE INDONESIA, KOMPLEKSITAS & TANTANGAN PENGELOLAANNYA

HERITAGE INDONESIA, KOMPLEKSITAS & TANTANGAN PENGELOLAANNYA
● Pendaftaran https://bit.ly/2TnfWli
Indonesia, sebuah negeri kepulauan (archipelago) yang menjadi tempat pertemuan berbagai peradababan dunia, menjadikannya memiliki warisan budaya (cultural heritage) yang kaya, beragam, dan telah menjadi bagian dari ingatan kolektif masyarakatnya. Perubahan konstelasi dunia global yang berlangsung dengan cepat seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi; mendorong kebutuhan untuk mengenali, menjaga, dan mengelola keragaman dan kekayaan warisan budaya menjadi tantangan yang mendesak.
Heritage Indonesia sebagai pantulan dari ekspresi dan makna dari keberagaman masyarakatnya, menjadi identitas dalam melangkah menuju masa depan, membangun, dan mengembangkan jati diri sebuah bangsa. Meskipun secara konvensional pengelolaan warisan budaya menjadi tanggung jawab negara, peran aktor-aktor di luar negara menjadi semakin mengemuka. Di berbagai lingkungan dan komunitas yang tersebar di berbagai tempat di negeri ini, seperti juga di berbagai tempat di seluruh dunia, warga masyarakat mulai terlibat dalam merawat warisan budaya yang mengekspresikan nilai-nilai yang mereka miliki dan sekaligus menunjukkan jatidiri mereka.
Melalui serial diskusi bulanan yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Heritage Nusantara (PSHN) UKSW dan Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan (PMB)-LIPI, para narasumber akan mempresentasikan beberapa studi kasus warisan budaya di bawah air, kawasan maritim, dan dinamika terkait UNESCO. Berbagai kompleksitas dan tantangan yang dihadapi, baik oleh negara maupun masyarakat, guna merawat, mempelajari, dan mengembangkan Heritage Indonesia bakal disajikan kepada segenap peserta.
Sampai jumpa di forum.

Date

Jul 13 2021
Expired!

Time

1:30 pm - 4:00 pm

Local Time

  • Timezone: America/New_York
  • Date: Jul 13 2021
  • Time: 2:30 am - 5:00 am
Category